Friday, July 31, 2009

Suplai Baterai tanpa Batas

Proyek energi kinetik yang dipimpin oleh ilmuwan University of Leeds ini adalah bagian dari program riset yang lebih besar, yaitu "Battery-Free Soldier". Program itu didukung oleh kementerian pertahanan Inggris, bekerja sama dengan Engineering and Physical Sciences Research Council (EPSRC) dan Defence Science and Technology Laboratory (DSTL).

Selain proyek pemanenan energi kinetik dari gerakan kaki prajurit ketika berbaris dan mengubahnya menjadi listrik, program pembebasan tentara yang bertugas dari baterai itu mencakup riset untuk mengubah dan menyimpan sumber energi lain, semisal energi surya dan panas tubuh. Lewat program ini, kementerian pertahanan Inggris ingin melakukan revolusi dalam perangkat elektronik portabel bagi prajurit infanteri modern.

Bagi seorang prajurit, kehabisan baterai mungkin bisa menempatkan jiwanya dalam risiko kematian. Tanpa listrik untuk menghidupkan radio komunikasi, GPS, pencitra panas, dan perlengkapan surveillance portabel, dia seolah buta dan tuli sehingga rentan terhadap sergapan musuh. Bagi prajurit di garis depan, baterai hampir sama pentingnya dengan suplai air dan amunisi.

Perubahan ini dianggap harus segera dilakukan karena setiap perlengkapan elektronik modern generasi baru tak hanya membawa fungsi dan performa yang jauh lebih baik, tetapi juga baterai yang berat. Tenaga listrik yang dihasilkan teknologi baru seperti sel bakar atau baterai berbahan kimia alternatif dianggap kurang memenuhi kebutuhan para prajurit yang harus bergerak secepat mungkin tanpa tambahan beban baterai yang berat.

Kunci untuk menciptakan perangkat elektronik masa depan adalah bergeser dari komponen dan peralatan yang haus listrik ke arah sistem yang mempunyai efisiensi energi tinggi dan optimal.

source : http://www.korantempo.com/korantempo/koran/2009/07/31/Ilmu_dan_Teknologi/krn.20090731.172546.id.html

2 comments:

  1. Selamat malam...
    Berkunjung balik tuk baca2 dikit.. :)

    ReplyDelete
  2. terima kasih untuk kunjungannya sobat, hehehe

    ReplyDelete

Blog Widget by LinkWithin