Wednesday, July 29, 2009

Microsoft dan Yahoo Sepakati Kerja Sama 10 Tahun

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com - Setelah tarik ulur dan berkali-kali negosiasi, Microsoft dan Yahoo akhirnya sepakat untuk melakukan kerja sama. Kedua perusahaan, Rabu (29/7) mengumumkan kerja sama selama 10 tahun dalam bisnis search engine dan iklan online.

"Microsoft dan Yahoo menyadari begitu banyak yang dapat dilakukan (mesin) pencari," ujar CEO Microsoft Steve Ballmer. "Kerja sama ini menyediakan ruang lebih besar dan sumber daya bagi kami untuk menciptakan masa depan mesin pencari," tambahnya seperti dilansir AP.

Dalam butir kesepakatan itu, Microsoft akan mengambil alih layanan pencarian di Yahoo dan akan dikombinasikan dengan Bing, layanan mesin pencarian yang baru diluncurkan Microsoft. Lisensi eksklusif tersebut diberikan untuk sepuluh tahun. Selanjutnya Yahoo menyatakan akan fokus kepada portofolio bisnis portalnya, iklan mobile, dan produk lainnya.

Sebagai imbalan atas kerja sama tersebut, Yahoo akan mendapatkan 88 persen keuntungan iklan yang berasal dari pelanggan yang mengakses dari layanan pencarian di halaman Yahoo selama lima tahun pertama. Selain itu, Yahoo juga berhak menempatkan iklan-iklan premium-nya di sejumlah situs milik Microsoft.

Namun, implementasi kerja sama tersebut kemungkinan baru akan terwujud paling cepat tahun 2010 karena menunggu keputusan regulator antimonopoli di AS yang akan menentukan boleh tidaknya kerja sama tersebut dilakukan. Sementara implementasi di seluruh dunia kemungkinan bisa menghabiskan waktu sampai dua tahun berikutnya.

Berdasarkan data survei ComScore, kombinasi Yahoo dan Microsoft menguasai 28 persen pangsa pasar layanan mesin pencari di AS atau kedua setelah Google yang saat ini menguasai 65 persen. Untuk pasar global, Google lebih dominan di bisnia layanan mesin pencari dengan 67 persen pangsa pasar sedangkan gabungan Yahoo dan Microsoft baru menguasai 11 persen.

WAH

source : http://tekno.kompas.com/read/xml/2009/07/29/22455647/Microsoft.dan.Yahoo.Sepakati.Kerja.Sama.10.Tahun

No comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin