Monday, June 15, 2009

Bank Indonesia

Beberapa hari yang lalu tepatnya pada tanggal 25 Mei 2009 sampai 5 Juni 2009 saya berkesempatan untuk menikmati magang di Kantor bank Indonesia Jember. Kesempatan ini datang secara tak tertuga. Terutama jika mengingat saya yang sudah semester tua (sekali) yaitu semester sepuluh (ha? hehehe). Kesempatan ini datang ketika ada adik tingkat saya yang bernama Toni menawarkan untuk magang di sana. Status saya adalah pengganti dari temannya yang ternyata tidak bisa ikut magang karena ada urusan yang menurutnya lebih penting.

Kesempatan ini langsung saja saya terima, mengingat memang saya mempunyai cita-cita untuk bekerja di Bank Indonesia. Apalagi ketika saya mendengar informasi dari teman saya yang lain (Luhur) yang memberitahu jika ingin bekerja di Bank Indonesia, kesempatan diterima akan lebih tinggi jika kita pernah magang di Bank Indonesia sebelumnya. Walaupun saya tak sepenuhnya percaya, tapi tetap saja saya lakukan, hitung-hitung buat jaga-jaga (hehehehe).

Selama saya magang di sana, lebih banyak kesan baik yang tersimpan. Saya semakin yakin untuk menjadikan Bank Indonesia sebagai tempat idola untuk bekerja. Terutama koleksi buku-buku di perpustakaannya. Sangat lengkap. Buku-buku yang menjadi incaran untuk saya baca sebagian besar ada di situ. Bukan hanya buku ilmiah dan akademik saja, sampai novel pun tersedia. Berikut saya berikan mengapa saya menjadikan Bank Indonesia sebagai sebuah institusi yang ideal untuk dijadikan tempat bekerja:
  1. Bank Indonesia sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Hal ini tampaknya sudah bukan rahasia lagi. Gaji di Bank Indonesia cukup tinggi untuk hitungan di Indonesia. Selain gaji juga ada tunjangan kesehatan seumur hidup tanpa memperhatikan pangkat dan golongan. Tunjangan dan fasilitas lain pun sangat banyak. Bahkan karyawan tetap yang belum dilantik pun mendapatkan fasilitas rumah dinas.
  2. Persepsi masyarakat umum tentang Bank Indonesia. Untuk dapat masuk diterima sebagai Bank Indonesia tentunya kita harus smart. Di samping itu kita juga harus lucky. Karena jika hanya bermodal smart saja, misal pada saat tes ujian kita salah mengetikkan nama atau keterangan administratif lain, kita akan gagal. Contoh ekstrim adalah misalkan ketika akan menghadiri ujian ada demo. Wah, bisa batal. Bank Indonesia biasanya ketika membuka pendaftaran akan menerima banyak sekali lamaran, sampai puluhan ribu. Bayangkan jika kita diterima menjadi pegawai. Betapa bangganya kita bisa menyisihkan puluhan ribu orang pendaftar yang lain.
  3. Bank Indonesia banyak memberikan beasiswa baik ke luar negeri. Inilah yang menjadi alasan yang sangat menarik bagi saya. Apalagi saya berniat untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Tentu saja dengan beasiswa karena saya bukan orang kaya yang mampu membiayai semuanya sendiri.
  4. Bank Indonesia memiliki wewenang yang tinggi di bidang moneter dan perbankan. Hal ini menarik bagi orang-orang yang gila kekuasaan (halah).
  5. Penempatan pekerja di Bank Indonesia sebagian besar berada di kota besar di Indonesia dan luar negeri. Jadi untuk mereka yang tidak mau bekerja di daerah polosok, kerja di Bank Indonesia bisa menjadi pilihan yang menarik.
Demikianlah beberapa alasan mengenai kenapa bekerja di Bank Indonesia menjadi sangat menarik. Ilmu yang saya dapatkan selama magang di sana pun menarik. Akhirnya, semoga saya bisa bekerja di sana. Hehehehehe

2 comments:

  1. Wah punya harapan yang sama nih kita. hehe..
    magang di BI, apa aja yg dikerjain?
    btw, salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. I Gede Pandita ErawanApril 17, 2013 at 4:45 PM

    amin ya mas :), kita ketemu disana nanti :)

    ReplyDelete

Blog Widget by LinkWithin