Saturday, June 27, 2009

Mitos dan Realitas Entrepreuner (part 3)

Artikel ini melanjutkan dari artikel sebelumnya yang berjudul Mitos dan Realitas Entrepreuner (part 1 dan part 2). Artikel ketiga ini akan membahas tiga mitos lain tentang wirausahawan yang sering sekali diyakini kebenarannya, yaitu wirausahawan adalah bos yang tidak tunduk pada siapa pun dan benar-benar mandiri, wirausawan bekerja lebih keras dan lebih lama dibandingkan dengan manajer di perusahaan besar, dan wirausahawan mengalami stres pekerjaan dan harus berkorban lebih banyak. Berikut uraian singkatnya:

Mitos 5 – Wirausahawan adalah bos yang tidak tunduk pada siapa pun dan benar-benar mandiri.

Realitas – Wirausahawan tidak bisa bebas sepenuhnya karena harus bertanggung jawab pada investor, mitra, pelanggan, pemasok, kreditur, keluarga, serta tanggung jawab pada masyarakat. Akan tetapi wirausahawan dapat membuat pilihan bebas mengenai kapan dan apa yang akan mereka respons. Lagipula, sangat sulit membangun perusahaan senilai satu juta dolar sampai dua juta dolar tanpa bantuan orang lain.

Mitos 6 – Wirausahawan bekerja lebih keras dan lebih lama dibanding manajer di perusahaan besar.

Realitas – Ada wirausahawan yang bekerja lebih keras daripada manajer perusahaan besar, ada juga yang bekerja lebih sedikit.

Mitos 7 – Wirausahawan mengalami stres pekerjaan dan harus berkorban lebih banyak.

Realitas – pekerjaan wirausahawan memang penuh tekanan dan menuntut pengorbanan. Tetapi pekerjaan lain juga dapat seperti itu, hanya saja wirausahawan mengalami tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Mereka yang memiliki keinginan untuk menyelesaikan lebih tinggi cenderung lebih sehat. Banyak wirausahawan yang tidak ingin berhenti dari pekerjaannya, tiga kali lebih banyak dibanding manajer perusahaan besar.

- Artikel ini bersambung ke artikel selanjutnya yang berjudul Mitos dan Realitas Entrepreuner (part 4) -

Sumber gambar / picture source : klik di sini / click here

No comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin